Artikel

4 Hal Penting yang harus diketahui Calon Mahasiswa Teknik Sipil

Pada Tanggal 2019-05-16


Hasil gambar untuk teknik sipil

Berbicara tentang jurusan teknik emang nggak ada habisnya. Sampai saat ini pun masih banyak anak - anak muda Indonesia yang memiliki passion dan aspirasi yang mampu menghasilkan karya hebat untuk negara dan bahkan dunia di masa depan. Atau mungkin saja, kamu termasuk salah satunya.

 

Salah satu program studi dalam bidang teknik yang nggak pernah kalah pamor dari tahun ke tahun adalah Teknik Sipil. Untuk yang berminat untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke program studi keteknikan yang satu ini, tentunya kamu juga harus menyesuaikan dengan kemampuan yang kamu miliki. Disampung itu, untuk memudahkan kehidupanmu di masa depan, kamu para calon mahasiswa Teknik Sipil harus mengetahui 4 Hal Penting, yaitu seperti :

 

Program Studi Teknik Sipil tidak lah sama dengan Arsitektur dan Teknik Perencanaan wilayah dan kota. Akan tetapi, pada teknisnya saling bersilangan.


Penjelasan simpelnya yaitu jika mereka bertiga ditaruh dalam suatu proyek pembangunan, teknik perencanaan wilayah dan kota akan membuat rancangan infrastruktur yang dibutuhkan oleh suatu area dan menguji kelayakan berdasarkan kondisi sosial dan ekonomi. Lalu rencana tersebut akan dioper ke Arsitek sebagai orang yang merancang desain bangunan sesuai dengan fungsi dan estetika yang dibutuhkan. Dan pada akhirnya Teknik Sipil lah yang menerjemahkan rancangan secara teknis dan mengeksekusinya di lapangan.

 

Di Teknik Sipil, juga akan diajarkan tentang Ekonomi, Hukum, hingga Desain.


Kesalahan terbesar calon mahasiswa dalam meriset program studi idaman adalah melewatkan informasi seputar apa yang akan dipelajari di program studi tersebut. karena kita lagi bahas program studi, kamu harus banget tahu kalau di Teknik Sipil kamu nggak akan hanya belajar kalkulus, struktur, ataupun konstruksi. Tapi juga hal-hal yang berbau ekonomi, hukum, sampai desain.

 

Prospek Lulusan Teknik Sipil bukanlah tukang bangunan, meskipun kamu punya pengetahuan tentang kualitas semen dan bagaimana sistem pipa pembuangan bekerja.


Teknik Sipil dan prospeknya di masa depan tidak lah selalu soal bangunan, ada banyak profesi yang bisa diraih sebagai seorang lulusan teknik sipil, seperti konsultan konstruksi,  Analis kontrol kualitas, Pengawas dan Penyelidik Properti Pemerintah, sampai Manajer Kontrol Kualitas Sistem.

 

Luasnya cakupan program studi Teknik Sipil, Haruslah bisa menentukan bidang keahlian spesifik sejak dini.


Dikarenakan teknik sipil tidak terus menerus berbicara soal bangunan/gedung, haruslah tahu terlebih dahulu apa yang sekiranya ingin dipelajari lebih lanjut di masa depan untuk menentukan area keahlian apa yang sekiranya menarik untuk kamu tekuni dan jadikan jalan hidupmu. Terlebih lagi indonesia sedang dalam pertumbuhan pembangunan yang pesat, sampai beberapa puluh tahun mendatang.


logo whatsapp